Kamis, 11 Juni 2015

SINOPSIS NOVEL “NEW MOON”


SINOPSIS

           Aku merasa bagai terperangkap dalam mimpi buruk mengerikan. Dalam mimpi itu aku harus berlari, berlari terus sampai paru-paruku pecah, tapi aku tak sanggup memacu tubuh ku untuk bergerak cukup cepat. Kakiku rasanya makin lama makin lambat sementara aku berjuang menembus kerumunan orang yang tidak memiliki perasaan, tapi jarum jam di menara jam tak juga lambat. Tak peduli dan tanpa belas kasihan, jarum jam itu terus bergerak menuju akhir-akhir segalanya. Tapi ini bukan mimpi, dan, tidak seperti mimpi buruk, aku tidak berlari menyelamatkan nyawaku; aku berlari untuk menyelamatkan sesuatu yang jauh lebih berharga. Hidupku nyaris tak ada artinya bagiku hari ini. Menurut alice tadi, besar kemungkinan kami bakal mati di sini. Mungkin hasil akhirnya akan lain bila ia tidak terperangkap cahaya matahari yang menyilaukan; hanya akulah yang bisa berlari melintasi lapangan terbuka yang terang benderang dan padat ini. Tapi aku tidak bisa berlari cukup cepat. Jadi tak ada artinya bagiku, kami dikelilingi musuh-musuhnya kami yang luar biasa berbahaya. Saat jam mulai berdentang, bergetar dibawah sol sepatuku yang terasa berat, tahulah aku bahwa aku terlambat dan aku senang sesuatu yang haus darah menungguku di sayap bangunan. Karena bila aku gagal dalam misiku ini, aku tidak lagi memiliki keinginan untuk hidup. Jam kembali berdentang, dan matahari memancarkan cahayanya yang terik tepat dari titik di tengah langit. Aku 99,9% yakin sedang bermimpi alasan mengapa aku begitu yakin sedang bermimpi adalah, pertama, aku berdiri di bawah cahaya matahari yang terang benderang sorot matahari yang menyilaukan, sesuatu yang tak pernah terjadi di Forks, washington, kampung halamanku yang selalu berhujan dan kedua, aku sedang menatap nenekku, Grandma Marie. Padahal Grand sudah meninggal enam tahun lalu, jadi bukti solid untuk menguatkan teoriku tentang mimpi ini. Grand tak banyak berubah; wajahnya masih tepat seperti yang kuingat. Kulitnya lembut dan layu, terlipat-lipat membentuk ribuan keriput kecil yang menggelantung lembut pada tulang dari bawahnya. Seperti aprikot kering, tapi dengan gumpalan rambut tebal yang mengelilingi wajahnya bagaikan awan. Mulut kami, mulut Grandma berupa kerutan keriput mengembang membentuk senyum terkejut pada saat bersamaan. Ternyata grand juga tidak menyangka akan bertemu denganku. EDWARD... walaupun aku selalu senang bertemu denganya baik sadar maupun tidak dan walaupun aku hampir yakin aku sedang bermimpi, tak urung aku panik juga saat edward berjalan menghampiri kami di bawah terik matahari yang menyengat. Apa yang Edward lakukan? Alasan utama untuk tinggal di Forks, kota yang curah hujannya tertinggi di dunia, adalah supaya ia bisa berada di luar rumah pada siang hari tanpa takut rahasia keluarganya terbongkar. Tapi sekarang ia malah melenggang santai menghampiriku senyum termanis menghiasi wajahnya yang rupawan seakan-akan hanya ada aku di sini, ialah pacarku berkilau-kilau seperti emas jika berada di bawah sinar matahari.
           

           


        

              Detik itu juga, aku berharap bukan aku satu-satunya yang terkecualikan oleh bakat misteriusnya; biasanya aku justru bersyukur menjadi satu-satunya orang yang pikirannya tak bisa dibaca Edward. Tapi sekarang aku malah berharap ia bisa mendengar peringatan yang aku teriakan dalam pikiranku. Aku melayangkan pandangan panik kepada Grand dan melihat ternyata itu sudah terlambat. Grand sudah berpaling menatapku, dan sorot matanya sama terkejutnya dengan sorot mataku. EDWARD.... masih menyunggingkan senyumnya yang begitu menawan hingga membuat hatiku bagai menggelembung dan meledak memecahkan dada merangkul bahuku dan membalikan tubuhku sehingga aku berdiri berhadap-hadapan dengan nenekku. Ekspresi grand membuatku terkejut. Alih-alih tampak mengerikan, ia malah menatapku takut-takut, seperti menunggu disemprot. Dan ia berdiri dengan posisi sangat aneh sebelah tangan terangkat canggung menjauhi tubuhnya, terulur, dan kemudian tertekuk di udara. Seperti merangkul seseorang yang tidak tampak. Barulah kemudian, saat melihat gambaran yang lebih besar, aku menyadari ada pigura emas yang membingkai sosok nenekku. Tidak mengerti, aku mengangkat tangan yang tidak memeluk pinggang Edward dan menggulurkannya untuk menyentuh nenekku. Grand meniru gerakanku dengan tepat, seperti cermin. Tapi di mana jari-jari kami seharusnya bertemu, tak ada apa-apa kecuali kaka yang dingin, dengan terkejutnya memusingkan, mimpiku berubah menjadi mimpi buruk, tak ada grand yang tua, keriput dan layu. Hanya mimpi, tapi di satu sisi setidaknya mimpi itu cukup meramalkan apa yang bakal terjadi di masa mendatang. Seiring dengan berjalannya hari, aku mempertimbangkan beberapa cara untuk mangkir dari entah cara apa yang akan dilangsungkan dirumah keluarga Cullen malam ini. Pasti menyebalkan jika harus mengikuti perayaan padahal suasana hatiku justru sedang ingin berduka. Tapi, yang lebih parah lagi, pasti akan ada perhatian dan hadiah-hadiah disana. Waktunya membuka kado kata alice, kotak itu sangat ringan hingga terasa kosong. Label diatasnya menandakan kado itu dari Emmett, Rosalie, dan Jasper berisi peralatan elektronik, dengan angka-angka pada namanya. Keesokan paginya, perasaanku benar-benar kacau. Aku tidak bisa tidur nyenyak; lenganku nyeri dan kepalaku sakit, perasaanku semakin kacau melihat wajah edward tetap licin dan muram saat ia mengecup dahiku sekilas dan merunduk keluar dari jendela kamarku. Aku takut membayangkan waktu yang kulewatkan saat tidur tadi, takut edward berpikir tentang yang benar dan salah lagi sambil memandangiku tidur kegelisahan itu seolah menambah pukulan bertubi-tubi di kepalaku. Waktu berlalu. Bahkan saat rasanya mustahil, waktu tetap terus berjalan. Bahkan di saat setiap detik pergerakan jarum jam terasa menyakitkan, bagaikan denyut nadi di balik luka memar.









              Waktu seakan berlalu dijalan yang tidak rata, bergejolak dan diseret-seret, namun terus berjalan. Bahkan bagiku, bella bagaimana kalau kau pulang saja. Bella berulang tahun yang ke 18, yang artinya dia lebih tua 1 tahun secara kronologis dibandingkan Edward yang selamanya berusia 17 tahun. Dalam perayaan ulang tahunnya yang diadakan di rumah keluarga Cullen, Bela membuat sebuah kecerobohan. Jarinya teriris kertas pembungkus kado saat akan membuka sebuah kado. Akibatnya tangan Bella mengeluarkan setetes darah yang mengundang rasa lapar Jasper terhadap darah manusia (dalam hal ini Jasperlah yang belum terlalu terbiasa untuk melakukan diet darah). Saat Jasper akan menerjang Bella, Edward menghalanginya dengan terlebih dulu mendorong Bella. Hal itu membuat lengan Bella terluka semakin parah dan mengeluarkan banyak darah. Emmet dan Rossalie (kakak-kakak Edward) mencoba mengendalikan Jasper yang kalap dan membawanya pergi dari kediaman mereka. Esme yang keibuan pun merasa malu pada dirinya sendiri. Dia meminta maaf pada bela sambil menahan nafasnya lalu meninggalkan rumah juga, karena merasa tidak tahan terhadap aroma darah Bella. Yang tersisa hanyalah Alice (pasangan Jasper dan merupakan adik angkat Edward) dan Edward yang ingin membantu Carlisle (ayah angkat Edward yang merupakan seorang dokter) untuk mengobati lengan Bella. Carlisle yang sudah terbiasa dengan darah manusia, tidak terusik sama sekali dengan aroma darah Bella. Dengan cekatan ia mengobati lengan Bella. Namun tidak dengan Edward dan Alice yang terpaksa harus menyingkir karena merasa tidak kuat dengan aroma darah Bella. Setelah kejadian itu, seluruh keluarga Cullen meninggalkan Bella, agar mereka tidak dapat mencelakaan Bella lagi. Bella jatuh dalam depresi berat akibat berakhirnya hubungannya dengan Edward, vampir yang sangat dicintainya. Dalam keterpurukannya, Bella dapat mendengar 'suara-suara' Edward saat dirinya terancam bahaya. Karena gadis itu sangat ingin mendengar 'suara' Edward, ia mencari ramuan yang membawanya dalam suara-suara itu. Bella menemukan sepeda motor, lalu datang menemui Jacob Black, teman lama keluarga, untuk memperbaiki sepeda motor yang ditemukannya. Namun semua diluar dugaan. Bella amat senang bertemu dangan Jacob Black. Pria yang lebih muda darinya itu seakan menjadi 'obat' penghilang lara baginya. Jacob mengenal Bella dan memahaminya tanpa Bella harus menceritakan segala sesuatu padanya. Sosoknya yang hangat membuat mereka berdua bersahabat. Namun Jacob sudah terlanjur jatuh cinta pada Bella, dan berjanji pada Bella bahwa dia tidak akan pernah melukainya. Ia akan menunggu sampai Bella mampu membuka hatinya lagi. Suatu hari Jacob menghindarinya secara misterius setelah Bella menyangka Jacob sakit. Saat Jacob tidak ada di sisinya, Bella kembali merana lagi. Lubang didadanya berdenyut-denyut, dan ia seakan tidak mampu melalui hari lagi, tanpa Jacob dan tanpa 'suara' Edward. Kali ini Bella benar-benar tidak rela jika harus kehilangan Jacob.













ANALISIS
è UNSUR INTRINSIK

F TEMA : DUA CINTA
             Percintaan antara dua laki-laki dan satu wanita dengan dua pilihan yang berbeda..

F ALUR : ALUR LONGGAR
             Setelah kejadian itu, seluruh keluarga Cullen meninggalkan Bella, agar mereka tidak dapat mencelakaan Bella lagi. Bella jatuh dalam depresi berat akibat berakhirnya hubungannya dengan Edward, vampir yang sangat dicintainya. Dalam keterpurukannya, Bella dapat mendengar 'suara-suara' Edward saat dirinya terancam bahaya. Karena gadis itu sangat ingin mendengar 'suara' Edward, ia mencari ramuan yang membawanya dalam suara-suara itu. Bella menemukan sepeda motor, lalu datang menemui Jacob Black, teman lama keluarga, untuk memperbaiki sepeda motor yang ditemukannya. Namun semua diluar dugaan. Bella amat senang bertemu dangan Jacob Black. Pria yang lebih muda darinya itu seakan menjadi 'obat' penghilang lara baginya. Jacob mengenal Bella dan memahaminya tanpa Bella harus menceritakan segala sesuatu padanya. Sosoknya yang hangat membuat mereka berdua bersahabat. Namun Jacob sudah terlanjur jatuh cinta pada Bella, dan berjanji pada Bella bahwa dia tidak akan pernah melukainya. Ia akan menunggu sampai Bella mampu membuka hatinya lagi. Suatu hari Jacob menghindarinya secara misterius setelah Bella menyangka Jacob sakit. Saat Jacob tidak ada di sisinya, Bella kembali merana lagi. Lubang didadanya berdenyut-denyut, dan ia seakan tidak mampu melalui hari lagi, tanpa Jacob dan tanpa 'suara' Edward. Kali ini Bella benar-benar tidak rela jika harus kehilangan Jacob.

F PENOKOHAN :

        
        §  Edward Cullen (SENTRAL) saat musim dingin disebuah kota Forks, Washington AS Edward seseorang vampire bersekolah disalah satu universitas dengan keluarga Cullen yang terkenal sosok keluarga emas dan christal anak asuhan dari dokter emmet dan rosalie

     
          §  Bella Swan (SENTRAL) aku merasa bagai terperangkap dalam mimpi buruk mengerikan. Dalam mimpi itu aku harus berlari, berlari terus sampai paru-paruku pecah.

       
           §  Jacob Black (PROTAGONIS)  . Dan perlahan Jacob telah menjahit “lubang” yang telah di tinggalkan Edward. Sementara itu Bella diburu vampire yang bernama Victoria, karena Victoria ingin menuntut balas Edward yang telah membunuh kekasihnya james. Jacob yang adalah seorang werewolf  bekerja sama dengan kawanannya untuk melindungi Bella. Hingga suatu hari bella melompat dari tebing dan terlih

  
§  Dr. Charlie (BAWAHAN)
            
             §   Chris Weitz (BAWAHAN)
  
  §   Wyck Godfrey (BAWAHAN)

  §    Dokter Emmet dan Rosalie (BAWAHAN)






F SUDUT PANDANG : orang pertama
                       Ketika Bella berulang tahun yang ke 18. Itu merupakan mimpi buruk bagi Bella. Karena itu artinya 1 tahun lebih tua dari umur Edward yang selalu selalu berumur 17 tahun. Di pesta ulang tahunnya yang diselenggarakan di rumah keluarga Cullen.

IKHTISAR : Berlatar belakang dua laki-laki, dua cinta dan dua pilihan. Jacob black muncul dalam hidup bella yang berantakan dan menawarkan sebentuk cinta yang lain. Ia membuat bella tertawa dan mengenal segala sesuatu tentang bella tanpa bella perlu mengatakanya. Ia ada kapan pun bella membutuhkannya, meskipun jauh di dalam hati ia tahu, dan mengerti, meskipun jauh didalam hatinya ia tahu dan mengerti bahwa bella masih teramat mencintai Edward.


F AMANAT : Bahwa setiap manusia mempunyai berhak untuk merasakan apa yang namanya jatuh cinta ketika ia mulai terlahir didunia dan mengeneal apa yang dinamakan jatuh cinta pada pandangan pertama tetapi tidak melupakan semua peraturan yang telah ada.

F LATAR : Disebuah kota yang bernama Forks, bermusim hujan dan berdaerah lembap dan disebuah hutan dekat pedesaan Forks serta sungai, lautan dan universitas di Washington AS.






è UNSUR EKSTRINSIK

F    LATAR BELAKANG PENGGARANG :
                 Stephenie lahir di Connecticut pada tahun 1973. Keluarganya menetap di Phoenix pada saat dia berumur empat tahun. Ejaan yang tidak biasa dari namanya berasal dari ayahnya, Stephen (+ yaitu). Stephenie pergi ke sekolah tinggi di Scottsdale, Arizona. Dia dianugerahi Beasiswa Merit Nasional, dan dia menggunakannya untuk membayar perjalanan ke Brigham Young University, di Provo, Utah. Dia mengambil jurusan bahasa Inggris. Stephenie bertemu suaminya, Pancho, ketika dia berusia empat tahun, tetapi mereka hanya melihat satu sama lain melalui kegiatan mingguan gereja. Ketika mereka akhirnya sempat bertukar kata-kata, enam belas tahun setelah pertemuan pertama mereka, hanya butuh sembilan bulan pertama dari "halo" untuk pernikahan. Mereka telah menikah selama sepuluh setengah tahun sekarang, dan memiliki tiga anak laki-laki. Gabe adalah delapan, Seth adalah lima, dan Eli adalah tiga. Twilight adalah novelnya yang pertama. New Moon adalah buku kedua dalam seri, Eclipse ketiga. The Dawn buku keempat Melanggar dirilis pada bulan Agustus 2008.



F KONDISI SOSIAL BUDAYA :
        Novel yang dikarang oleh pengarang terkenal bernama Stephenie Meyer dibuat pada masa kemerdekaan, novel ini menceritakan sebuah perbedaan Dua laki-laki. Dua cinta. Dua pilihan dimana kondisi Edward seseorang vampire yang berdarah segar tetapi tidak menyukai darah manusia melainkan darah binatang hidup dengan Jacob seseorang serigala yang mempunyai kekuatan yang sama mencintai seseorang wanita bernama Issabella Swan atau “Bella” percintaan yang rumit. Buku yang berjudul New Moon ini merupakan terbitan kedua setelah seri pertama Twilight dan seri ketiga Eclipse masing-masing diliris pada tahun berbeda.
 IDENTITAS BUKU
JUDUL BUKU      : NEW MOON
PENGARANG           : STEPHENIE MEYER
PENERBIT      : ARRANGEMENT WITH LITTLE, BROWN AND     COMPANY,  NEW YORK, USA ( PT Gramedia Pustaka Utama)
PENERJEMAH     : Monica Dwi Chresnayani
TERBIT :
- Cetakan ketiga: september 2008
- Cetakan keempat: september 2008
- Cetakan kelima: desember 2008
- Cetakan keenam: januari 2009
Tebal : 600 halaman


F TEMPAT ATAU KONDISI ALAM :
                            Novel ini dikarang oleh penagarang terkenal Stephenie Mayer yang bertempat tinggal disebuah kota yang bernama Phoenix, Inggris. Cerita ini berlatar didaerah kota yang bernama Forks di Washington AS di sebuah pedesaan yang bersuhu lembab.



F GAYA BAHASA :
                       
KEUNGGULAN

1. Begitulah STEPHENIE MEYER berusaha menggiringi pembaca dalam novel NEW MOON. Sebuah usaha yang layak diacungi jempol meski ditulis pada awal  september 2008, tetapi nilai moral dan kasih sayang dalam novel ini terasa up to date untuk masa-masa remaja sekarang.

2. Meskipun novel ini termasuk dalam kategori  percintaan, bahasa yang digunakan terkesan ringan dan mudah untuk dimengerti. Bahkan, novel ini dipenuhi dengan kisah atau cuplikan kasih sayang karena sikap yang diambil oleh pelakunya adalah tidak mengada-ngada

3.  Sebagai buku berkategori percintaan  yang tebal. Namun, pembaca yang membaca bab demi  bab, lembar demi lembar membuat kita tidak akan rela meninggalkannya hingga tamat.

KELEMAHAN

 Selain itu, karena kisah percintan dalam novel yang  berjudul new moon  ini berlatar belakang percintaan dua laki-laki, dua cinta dan dua pilihan banyak kata-kata asing  yang sulit untuk dimengerti oleh kita.............









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 4

Biaya modal adalah sebuah konsep dinamis yang dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor ekonomi dan perusahaan. Struktur dasar dari biaya modal...