Rabu, 20 Januari 2016

PENILAIAN PERSEDIAAN BERDASARKAN SELAIN HARGA POKOK

A.    Nilai terendah Antara Biaya dan Harga pasar
      1. Penilaian mana yang terendah antara harga pokok atau harga pasar, jika harga pasar       suatu persediaan lebih rendah daripada harga pokoknya, alternatif lain dalam menilai      persediaan pada harga pokok adalah menggunakan metode mana yang terendah          antara harga pokok atau harga pasar.
                        2.  Dalam metode ini tidak memperhatikan metode yang digunakan (Harga pokok atau      harga pasar mana yang terendah).
                  3. Metode mana yang terendah antara harga pokok atau harga pasar dapat digunakan         untuk: 
                                1. Setiap jenis persediaan
                          2. Kelompok persediaan tertentu

                          3. Persediaan secara keseluruhan
Pembukuan Harga Eceran dan Harga Pasar
            Pembukuan harga pasar dan harga eceran menentukan nili sisa persediaan barang pada akhir sesuatu periode, berdasa harga yang lebih rendah antara harga at ost dengan harga at market dari prsediaan tersebut.
            Bilamana ternyata yang lebih rendah adalah harga cost, maka tidak diperlukan sesuatu perubahan apapum juga dalam pembukuan , perusahaan , khusunya dalam perkiraan Inventory. Hal ini dikarenakan dalam perkiraan inventory tersebut memang sudah tercatat harga pembelian dari barang-barang  yang bersangkutan.
            Sebaliknya bilamana yang lebih rendah adalah harga at market , maka perusahaan harus mengadakan penyesuaian pembukuan nya , khususnya dalam perkiraan inventory , Hal ini disebkan karena nilai at cost yang tercatat dalam perkiraan inventory, harus diturunkan supaya menjadi seebesar nilai (harga) at market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS 4

Biaya modal adalah sebuah konsep dinamis yang dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor ekonomi dan perusahaan. Struktur dasar dari biaya modal...